Tentukan Arah Kemana Kalian Harus Melangkah

watch_later 29 August 2014

Hal pertama yang ingin saya ingin katakan pada teman - taman adalah selamat datang dijurusan maut. hehe
Kenapa saya bilang jurusan maut ??
Yang pertama
Jurusan matematika merupakan jurusan yang paling ditakuti oleh kebanyakan anak - anak yang ingin melanjutkan kuliah. Hal ini terbukti dengan passing grade jurusan matematika kalah dengan jurusan yang lain.
Yang kedua
Banyak yang bilang kalau jurusan matematika isinya cuman ngitung - ngitung angka doang.
Sedikit miris memang mendengar kawan - kawan dari jurusan lain yang berceloteh begini :
Gung kamu nggak bosen ya belajar matematika, kan isinya cuman ngitung - ngitung doang !!
Ada juga teman saya yang nyindir
Bang mulai dari nol ya...
Rasanya memang mak jleb.. ketika mendengar pernyataan - pernyataan seperti itu, tapi tenang saja kawan - kawan. Mereka yang bilang begitu adalah mereka yang belum terjun langsung ke dunia matematika. Sebenarnya kalau saya mengibaratkan mahasiswa Matematika itu bagaikan “Kartu Joker”. Kemana aja bisa.
Dimana ada angka, disitu dia bisa kerja dan memperkerjakan.

Hal yang perlu kalian ketahui lulusan matematika punya dasar logika yg bagus dan bisa masuk ke semua bidang pekerjaan karena pola pikir mereka biasanya lebih sistematis.

Jurusan matematika murni itu bayak lowongannya, cuma tergantung bagaimana kita mengaplikasikannya pada bidang - bidang yang banyak lowongan kerjanya, karena sejatinya matemtika itu dibutuhkan karena aplikasinya. Contohnya seperti komputer, pemorgraman, statistik, keuangan, kualiti kontrol. Berbeda dengan pendidikan matematika kalo pendidikan matematika udah pasti jadi guru.

Nah bagi kawan - kawan yang nantiny ingin melanjutkan ke S2 saya punya sedikit saran.
Jika kamu pegen ambil s2 statistik akan lebih bagus jika kamu ambil peminatannya statistik juga, kalau analisis kan lebih ke teoritis. Tapi jika kamu pengen jadi dosen ambil yang analisis saja.
Jika kalian mau ke komputer/ekonomi kamu mending ambil terapan, karena cakupannya lebih bagus lagi, kamu bisa belajar akutansi, aktuaria, komputer, pemograman dll 

Diterapan biasanya kita belajar tentang aplikasi matematika dalam ilmu bidang lain. Misalnya di keuangan, perbankan, aktuaria, kontrol optimal, juga pemograman termasuk juga statistik. Kalau berbicara lowongan kerja nya sih banyak, semua tergantung kamu saja pintar - pintar dalam mengoptimalkan apa yang kamu punya.

Pokoknya jangan sampai kita salah ngambil mata kuliah lantaran ikut-ikutan dengan teman - teman yang lain. Pilihlah yng sesuai minat dan bakat yang ada pada diri kita masing - masing.

Kita semua sudah tercipta dengan rizky & jalan masing - masing dari Allah SWT. Berikan saja yang terbaik & bermanfaat bagi sesama. Jangan takut untuk menghadapinya, mari berkarya. Insyaallah pasti ada jalan buat kita semua.

Yakinlah kawan !

[+] Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel. Admin lebih suka komentar yang sifatnya membangun.
[+] Jangan meninggalkan link aktif, karena akan terdeteksi otomatis sebagai spam.
[+] Jika kesusahan mencari semua artikel dalam blog ini, pencet saja tombol Sitemap.

sentiment_satisfied Emoticon