Dampak Positif Uang Kuliah Tunggal

watch_later 23 August 2014
comment 1 Comment

Sebelum berbicara jauh mengenai uang kuliah tunggal atau yang biasa kita kenal dengan UKT, saya akan menjelaskan sedikit tentang UKT ini. Jadi apa sih sebenarnya UKT itu ??

Berdasarkan pemahaman saya UKT merupakan sebuah sistem pembayaran dimana biaya kuliah mahasiswa selama satu masa studi alias sampai kita lulus di bagi rata per semester (jadi tidak ada lagi uang pangkal) seperti membayar biaya praktikum, uang gedung, dll. UKT ini diibaratkan kita beli motor pake cara kredit, tapi tidak ada uang DP awal. Kalau sistem yang dulu kan sebelum kita masuk harus membayar uang gedung dll di awal semester. Nah dengan UKT ini kita bisa membayar di tiap semester gampangnya begitu. Jadi dengan UKT ini kita (Mahasiswa lebih di mudahkan dalam proses administrasi. Biaya rata - rata per semester yang kita bayarkan tergantung dari kebijakan tiap - tiap Universitas. Jadi yang khas dari UKT ini ada mekanisme pengelompokan pembayaran. UKT telah dibuat dalam permendikbud no 55 tahun 2013, tapi seperti yang saya bilang tadi setiap Universitas memiliki kebijaksanaan masing - masing. Jika kalian ingin mengetahui biaya UKT dari Universitas Diponegoro bisa di lihat di sini.


Nah setelah melihat rincian biaya per-semester tersebut, apa yang temen-temen fikirkan ??
Yups, penggolongan...
Jadi buat temen - temen yang orang tuanya belum mampu membiayai temen - temen kuliah, tidak perlu pesimis lagi karena biaya kuliah. ibarat pepatah disitu ada kemauan pasti aja jalan. Dan buat temen - temen yang berada pada golongan mampu harus bangga karena dengan ini kita bisa berbagi bersama untuk memejukan bangsa kita tercinta. Jangan pernah menganggap penggolongan seperti  si miskin dan si kaya. Asal kita ingat, kita semua sama di mata Tuhan, hanya amal dan ibadah kita yang membedakannya, hehe. jadi sudah jelas kan yang menjadi perbedaan bukan harta atau warisannya.

Jadi kesimpulannya :
Dengan adanya UKT ini kita semua bisa sama - sama belajar untuk salng berbagi. saling memberi dan saling mengasihi..

Sekian semoga bermanfaat buat temen - temen.
avatar

Artikel bermanfaat
Kunjungi ittelkom-sby.ac.id

delete June 30, 2020 at 3:16 PM

[+] Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel. Admin lebih suka komentar yang sifatnya membangun.
[+] Jangan meninggalkan link aktif, karena akan terdeteksi otomatis sebagai spam.
[+] Jika kesusahan mencari semua artikel dalam blog ini, pencet saja tombol Sitemap.

sentiment_satisfied Emoticon